Tips Memilih Perguruan Tinggi Sesuai Harapan dan Siap Kerja

ASEKMA (27/4/2017). Koran Kompas hari ini (27/4) memuat para peserta didik SMA/SMK yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPT 2017 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi). Di tengah lembar daftar nama peserta didik tercantum iklan Perguruan Tinggi Swasta, antara lain Institut Teknologi Harapan Bangsa, Universitas Prasetya Mulya, UNTAR, UT, UPH, UKRIDA, IPMI, UNIKOM, Interstudi, YAI, Binus University, dan UBM.

Pertanyaannya adalah “Anda mau jadi apa dan ke Perguruan Tinggi yang mana?”

Dalam beberapa kesempatan Pimpinan Akademi Sekretari dan Manajemen (ASEKMA) Don Bosco selalu memunculkan pertanyaan ini dihadapan peserta didik SMA/SMK. Masih banyak peserta didik memilih Perguruan Tinggi karena kemauan orang tua, karena nama Perguruan Tinggi yang populer (Riset ASEKMA Don Bosco, 2014). Banyak orang tua mengatakan “Saya mau agar anak saya menjadi Sarjana dan cepat cari kerja”. ASEKMA Don Bosco dalam beberapa kesempatan telah menjelaskan bagaimana cara memilih Perguruan Tinggi sesuai harapan.

Dalam rangka menghasilkan mutu pendidikan tinggi dan memperkuat daya saing mutu lulusan antar negara, Pemerintah telah mengatur tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI memuat 9 level kualifikasi yang dapat disetarakan dengan level kualifikasi dengan negara lainnya. SMA/SMK masuk dalam level 2, D3 masuk dalam level 5, Sarjana (S1) masuk dalam level 6, S3 masuk dalam level 9.

Untuk mencapai level tersebut dapat dilakukan melalui 4 program yaitu :

1. Program Akademik, yaitu SMA – S1 – S2 – S3 – Guru Besar. Tujuannya adalah pengembangan ilmu pengetahuan.

2. Program Vokasi, yaitu SMK – D1 – D2 – D3 – D4 (setara S1) – S2 Terapan – S3 Terapan. Tujuannya adalah siap kerja.

3. Program Profesi, yaitu SMA/SMK – S1 – Profesi / Spesialis. Tujuannya adalah menghasilan profesi tertentu.

4. Program Pengalaman Masa Lalu, yaitu pengakuan kompetensi dari pengalaman seseorang yang diakui oleh Pemerintah. Tujuannya untuk mengakui kualifikasi seseorang di luar jalur formal.

Dari harapan orang tua tersebut jika dibandingkan dengan 4 program yang sudah dijelaskan maka keinginan agar “anaknya mendapat ijazah S1 dan cepat kerja” perlu ditinjau kembali.

Untuk dapat cepat kerja, pilihannya hanya satu yaitu program Vokasi, Diploma 1 tahun (D1), Diploma 2 tahun (D2), Diploma 3 tahun (D3). Setelah lulus langsung siap kerja. Untuk jenjang berikutnya adalah D4 setara dengan S1.

Jika ingin memdapatkan Sarjana (S1) dan siap kerja, pilihan kedua adalah program Profesi, misalnya dokter. Ijazah S1 dapat diperoleh dalam 3.5 – 4 tahun tetapi memerlukan waktu lagi untuk mendapatkan pengakuan profesi dokter.

Bagaimana dengan pilihan program Akademik? Ijazah Sarjana (S1) dapat diperoleh dalam waktu 3.5 – 4 tahun tetapi mau kerja apa? Tujuan program ini adalah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai contoh, untuk menjadi dosen saja saat ini harus minimal S2. Dengan demikian peserta didik yang mengambil program Akademik sebaiknya mendapatkan ijazah S2, dan lebih disarankan lagi ijazah S3 agar dapat menjadi guru besar. Saat ini guru besar dan professor sangat dibutuhkan di Indonesia.

Dengan demikian, bagi sahabat-sahabat muda, jika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, silahkan tentukan dulu apa prioritas yang Anda inginkan.

Jika ingin menjadi seorang yang suka mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, silahkan ambil program Akademik (SMA-S1-S2-S3). Akan tetapi jika ingin cepat kerja dan siap kerja, pilihlah program Vokasi (D1, D2, D3, D4).

Selain berita tentang pemilihan perguruan tinggi yang dijelaskan di atas, Kompas hari ini juga memuat berita tentang usaha Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan perusahaan industri tentang Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Berita dalam Kompas tersebut mencantumkan 117 perusahaan industri telah menjalin kerjasama dengan SMK untuk mensukseskan Pendidikan Vokasi Industri.

Hal ini menyatakan bahwa program Vokasi adalah pilihan bila ingin terjadi link and match antara lulusan institusi pendidikan dan perusahaan industri. Dengan kata lain, perusahaan industri membutuhkan lulusan siap kerja.

ASEKMA Don Bosco dengan kampus di Pulomas Jakarta (telp. 4701190), menyelenggarakan program diploma 3 (D3) untuk Program Studi : Administrasi Perkantoran (atau Sekretari). Kuliah 2.5 tahun dan praktik kerja selama 1 semester. Sebagian besar lulusan sudah bekerja saat melaksanakan praktik kerja lapangan. Kegiatan-kegiatan dan informasi lebih jauh tentang ASEKMA Don Bosco dapat dilihat di www.asekmadb.ac.id.

Kami, ASEKMA Don Bosco, mengucapkan selamat kepada peserta didik yang telah diterima di PTN dan selamat bergabung di PTS. Sesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Salam sukses. /mls

Tinggalkan Balasan