Apabila Disiplin Ditawar Hasilnya Akan Rusak

ASEKMA (27/7/2017). “Kalau kamu menawar disiplin maka kamu akan rusak”, demikian pesan Romo Romanus Heri Santoso Pr dalam Misa Guru/Karyawan Yayasan Panca Dharma dalam rangka penutupan dan pembukaan Tahun Ajaran baru (27/7).¬†Romo Romanus bercerita tentang dirinya yang ditegur oleh pendidiknya, “Kalau bangun tidur saja kamu harus menawar, mendingan kamu tidak usah menjadi pastor”.

Pesan tersebut ditegaskan lebih rinci oleh Romo Romanus dengan tema perayaan “Menjadi Pendidik adalah Karunia Allah”. Sumber renungan didasarkan pada Matius 13:10-17. Dalam satu ayat bacaan Injil murid-muridNya bertanya kepada Yesus, ¬†”Mengapa Engkau mengajar mereka dengan perumpamaan?”.

Selamat kepada para Guru/Dosen/Karyawan Yayasan Panca Dharma.

Untuk tambahan refleksi tentang Pengajaran, berikut ini ada suatu cerita : (dari beberapa sumber)

Seorang wanita berkata kepada seorang Pendeta, “Pendeta saya tidak mau bergereja lagi disini.”. “Apa alasanmu?”, tanya Pendeta.

Wanita : “Saya melihat di gereja ini perempuannya suka bergosip, orang-orang hanya melihat HPnya ketika ibadah berlangsung, dan banyak lagi”.

Pendeta: “Baiklah. Sebelum saya menjawab dan sebelum Anda pergi, tolong lakukan sesuatu untukku. Ambil satu gelas penuh air dan berjalanlah mengelilingi gereja ini tanpa menumpahkan setetes airpun. Setelah itu Anda boleh meninggalkan gereja ini seperti keinginanmu”.

Wanita: “Itu sangat mudah”, lalu melakukan apa yang dimintakan oleh Pendeta. Setelah selesai, dia pamit untuk pergi.

Pendeta: “Sebelum Anda pergi, jawablah pertanyaan saya. Ketika Anda tadi berjalan mengelilingi gereja apakah Anda mendengar orang bergosip, melihat orang memandang HPnya?”.

Wanita: “Tidak”

Pendeta: “Anda tau mengapa?”

Wanita : “Tidak”

Pendeta: “Karena Anda fokus pada gelasmu, memastikan tidak tersandung dan menjaga agar tidak ada air yang tumpah”.

Untuk refleksi: silahkan memaknainya dalam berbagai hal, termasuk dalam hal pengajaran dan pendidikan.

Salam sukses/mls

Tinggalkan Balasan