Karya Mahasiswi

ASEKMA (16/12/2014): Penjelasan “The 10 Personal Assistant Commandments” (10 perintah bos) menurut hasil diskusi mahasiswa ASEKMA Don Bosco tingkat II, 16 Desember 2014:

1. Know Your Boss Best

Menurut Ike dan Yuliana : dapat menghindari terjadinya kesalahan; mengetahui karakter pimpinan; dapat menindaklanjuti segala perintah dari atasan; pekerjaan menjadi lebih cepat & efektif; bisa berkomunikasi dengan baik dengan pimpinan; tidak membuang banyak waktu; agar tidak terjadi kesalahan antara pimpinan dengan sekretaris; sigap & inisiatif terhadap kebutuhan pimpinan.

2. Be A Global Citizen

Menurut Henny dan Pristia: belajar tentang budaya / kebiasaan orang lain; mempelajari  bahasa orang tersebut. Contoh: Kak Stevani diperintah Pak Istas untuk menelepon orang Jepang, tetapi Kak Stevani tidak terlalu bisa untuk bahasa Jepang. Oleh karena itu dia ingin & terus belajar bahasa Jepang; saling menghormati & menghargai budaya masing-masing; saling merespon satu sama lain sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik; menambah wawasan tentang budaya orang lain; bisa meningkatkan pecitraan.

3. Make Mistakes, Admit & Share, Don’t Repeat

Menurut Raisa dan Yohana: harus berani mengakui kesalahan; tidak mengulangi kesalahan untuk kesekian kalinya; berani melakukan hal-hal yang baru; harus berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki diri; dapat berbagi pengalaman dengan karyawan lain.

4. No Surprises

Menurut Anggi dan Nurul: jika kita menemukan kendala dalam berkomunikasi di depan umum, segera mencari solusinya dengan cari menusuk jari dengan pulpen, minum air putih agar tidak gugup dan memiliki persiapan yang matang, memiliki wawasan yang luas; cepat dikomunikasikan jika terjadi masalah atau kesalahan; jujur, lebih mudah mengatasi masalah; lebih berani; peka terhadap masalah; update dengan kegiatan bos; menghindari salah paham dengan bos; dapat mengkomunikasikan bad news dengan baik.

5. Be A Problem Solver

Menurut Bella dan Desi: mengatasi masalah dengan cara memiliki beberapa / banyak strategi untuk memecahkan masalah; bila menemukan / menghadapi masalah jangan panik, jangan cepat mengeluh, tetapi harus segera memikirkan jalan keluar; jangan takut bertanya dan meminta bantuan kepada orang lain; dapat menghindari kemungkinan adanya permasalahan dalam kantor / tim kerja.

6. Double Check, Triple Check

Menurut Sonia dan Ceicilia: membuat kita tidak perlu kerja 2 kali; menghindari kemungkinan adanya kesalahan dalam penyelesaian pekerjaan; membuat kita lebih dipercaya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lebih penting; menghindari kepanikan yang terjadi pada saat waktu hampir mepet; membuat kita menjadi lebih teliti; pengecekan dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dokumen double.

7. Speed, Speed, Speed

Menurut Nisa dan Vega: deadline untuk semua tugas adalah yesterday, artinya semua pekerjaan / tugas harus dilakukan secepatnya / tidak ditunda-tunda agar terbiasa bersikap disiplin dan tidak merugikan orang lain. Manfaatnya: terbiasa tepat waktu, disiplin, tugas/pekerjaan dilakukan dengan baik (tidak keteteran), tidak merugikan orang lain, cepat tanggap dalam segala hal, bekerja dengan cepat dan tepat.

8. Life is not fair. DEAL WITH IT! DON’T COMPLAIN

Menurut Anastasia dan Devi: kita menjadi taat kepada aturan-aturan yang sudah berlaku dimana saja terutama di kantor tempat anda bekerja; membentuk diri kita menjadi yang lebih baik lagi dari sebelumya; menjadi lebih disiplin dalam bekerja; jangan pernah komplain kalau hidup itu tidak adil.

9. Be street smart

Menurut Febrita dan Tiffany: menjadi seorang sekretaris yang cerdas, kita tidak perlu menjadi seorang “kutu buku”. Jadilah seorang sekretaris yang punya wawasan luas, pandangan jauh ke depan; learning by doing, bekerja sambil belajar banyak hal.

10. Dream big!! Work hard!

Mnurut Devi, Inka, dan Sheren: Sebagai sekretaris, kita juga harus memiliki impian sendiri (life goal); impian yang akan direncanakan dalam 5 tahun ke depan, disertai kerja keras untuk mencapai impian tsb, karena tidak ada impian yang bisa dicapai tanpa kerja keras. Impian-impian tsb antara lain menjadi manajer, memiliki mobil & rumah impian; memiliki pasangan hidup.

 

Penegakkan Hukum di Indonesia Oleh Fetty, dkk

Tinggalkan Balasan